Pengunjung Online Saat Ini

Bergabung dengan Grup Facebook Kami Klik Disini

Follow juga akun Instagram kami Klik disini atau @info.lokercikarang

Info Loker Lainnya Klik disini

Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM

Kioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM
Kioson.com Banner Competition


Kioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM - Sahabat ilhamcabak.web.id ,di zaman yang sekarang ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai negara ,terutama di Indonesia bisa dinilai semakin meningkat.

Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, maka tentunya akan dapat memudahkan masyarakat untuk belajar dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dimana saja, kapan saja dan dari siapa saja. Apabila ditelusuri lebih dalam, manfaat dari perkembangan teknologi ini sangatlah luar biasa, salah satunya adalah meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat, prakteknya adalah dengan memanfaatkan akses teknologi / internet dalam mengembangkan usaha yang sedang dirintis, disini kita sebut saja UMKM.

Dengan memanfaatkan teknologi internet dalam bisnis/ usaha , ini berarti menambah daya jangkau calon customer kita dari berbagai penjuru wilayah.

Namu, sayangnya tidak semuanya mampu mengoperasikan internet , bahkan banyak yang belum mengerti apa itu internet, dan ini biasanya terjadi di lingkup pedesaan, tempat terpencil, atau yang sulit di jangkau dan jauh dari perkotaan.

Jika ini dibiarkan terus menerus, tentunya ini akan menjadi masalah yang serius untuk kelangsungan ekonomi masyarakat. Tanpa adanya sosialisasi tentang pemanfaatan internet dalam sebuah bisnis/ usaha, maka hasilnya akan stagnan ditempat, bahkan menurun. Selanjutnya kita sebut saja ini dengan Masalah Kesenjangan Digital.

Munculnya Masalah Kesenjangan Digital sangat berpengaruh dalam semua bidang kehidupan masyarakat dan membawa dampak negatif bagi mereka yang belum menikmati teknologi informasi dan komunikasi tersebut. Bagi mereka yang mampu menghasilkan teknologi dan sekaligus memanfaatkan teknologi,maka mereka memiliki peluang besar untuk mengelola sumber daya ekonomi, sementara yang tidak memiliki teknologi harus puas sebagai penonton saja.  Jika ini diterapkan dalam Mengembangkan usaha (UMKM) pati hasilnya juga tidak akan seimbang (merata) , Sehingga yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin.

Nah inilah alasan kenapa postingan ini diterbitkan, selanjutnya saya akan memberikan sedikit jalan keluar Bagaimana mengatasi masalah Kesenjangan Digital UMKM ?? Memperkenalkan :


Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM ,

Kioson adalah sistem aplikasi smartphone yang dibuat oleh PT. Kioson Komersial Indonesia pada Mei 2015, dengan tujuan untuk membantu dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia .
Kioson ditangani oleh para ahli di bidang merchandising, e-commerse, telekomunikasi dan keuangan, sehingga Kioson sangat mendukung pergerakan ekonomi digital yang ada di daerah atau pedesaan yang selama ini terdapat adanya kesenjangan digital.

Jika sebelumnya jenis usaha yang ada di pedesaan berupa toko kelontong, atau kios-kios kecil, akan berubah menjadi E-Tailer. E-Tailer ini adalah toko yang dapat melakukan transaksi digital dengan menggunakan aplikasi Kioson. Dengan mengusung tagline " Semua Bisa Online ", maka tujuan Kioson adalah mendorong masyarakat Indonesia untuk berperan aktif dalam memajukan dan mengembangkan ekonomi digital.

Secara garis besar Kioson menjembatani antara pembeli dan penjual, dimana pembayaran yang dilakukan oleh pembeli ini tidak perlu ditransfer akan tetapi bisa di bayarkan secara tunai kepada E-Tailer. Jadi pembeli akan merasa nyaman dan tidak takut tertipu uangnya akan hilang sia-sia. Terlebih didaerah pedesaan cara pandang orang dalam membeli barang haruslah melihat bentuk fisik terlebih dahulu, mencobanya, dan kalau cocok baru terjadi transaksi jual beli. Namun dengan Kioson cara pandang tersebut bisa dirubah karena dengan Kioson semua transaksi akan terasa nyaman dan aman.

Kenapa saya merekomendasikan menggunakan Kioson dalam membangun UMKM


1. Mudah Regristrasinya
  • Sahabat cukup install aplikasi Kioson , untuk pengguna Android bisa unduh via PlayStore atau Klik disini. Selanjutnya Regristrasi dengan benar (akan dibahas selanjutnya).

2. Praktis Penggunaannya
  • Untuk melakukan transaksi digital , entah itu penjualan ataupun pembelian, sahabat cukup gunakan Aplikasi Kioson , baik itu kapanpun dan dimanapun.

3. Good Service dan Terpercaya
  • Di dukung dengan customer service yang kompeten dibidangnya, menjadikan semua mudah dan nyaman. Sahabat cukup memasukkan nomor telepon pada panel Kioson kemudian pilih bantuan teknis, maka dengan segera customer service akan menghubungi sahabat.


Bagaimana Cara Bergabung Ke Kioson ??


Bagi sahabat ilhamcabak.web.id yang ingin bergabung ke Kioson, Cukup mudah kok langkahnya, yuk simak ulasan di bawah ini :

O, ya , sebelum bergabung, perlu sahabat ketahui, bahwa Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM menyediakan 2 paket Regristrasi, yaitu:




A. Paket Gold
  • Paket Gold ini diperuntukan bagi sahabat yang ingin bergabung dengan Kioson namun belum memiliki Gadget/Tablet Android. Untuk menggunakan paket ini sahabat cukup membayar Rp.900.000. maka sahabat akan mendapatkan sebuah Smartphone/ Gadget / Tab Android, dimana juga sudah termasuk saldo Kioson Rp.100.000 di dalamnya , dilengkapi juga dengan buku panduan dan Banner Toko. Paket ini sangat disarankan untuk sahabat yang masih sedikit awam dengan apa itu internet , dsb.


B. Paket Kioson Go
  • Paket Kioson Go, ini diperuntukan untuk sahabat yang ingin bergabung dengan Kioson, dengan sudah bermodalkan smartphone Android, maka sahabat cukup menginstalnya dan ikuti langkah Regristrasi seperti di bawah ini

Langkah- Langkah Regristrasi Member Kioson

1. Pertama , sahabat harus mengunduh terlebih dahulu Aplikasi Kioson, bisa dari PlayStore atau Klik Disini. Kemudian Instal aplikasinya ke smartphone sahabat.

2. Setelah Terinstal dengan baik, selanjutnya buka aplikasi kioson. Pilih panel Daftar kemudian Isi Formulir Pendaftaran dengan lengkap dan benar, kemudian Klik Kirimkan


Kioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM
Tampilan Awal Aplikasi Kioson

Kioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM
Tampilan Awal Aplikasi Kioson
 
Kioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM
Tampilan Awal Aplikasi Kioson

Kioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM
Tampilan Awal Aplikasi Kioson


Kioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM
Isi Formulir Pendaftaran Dengan Lengkap dan Benar

3. Apabila sukses maka akan muncul pop up message yang isinya "Pendaftaran Kioson anda akan di proses, ID Kioson Cash.... bla...bla..bla "



Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM
Pop Up Sukses


4.Kemdian tunggu konfirmasi balasan dari Kioson yang berisi Username/ ID & Pasword sahabat, disini saya via SMS.


Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM
Sms Konfirmasi Dari Kioson

5. Selanjutnya catat Id dan Password yang telah sahabat terima , kemudian Login ke aplikasi Kioson , Masukan Id dan Pasword yang sudah di catat tadi, kemudian Klik Kirimkan.



Login Ke Aplikasi Kioson

6. Saran saya sebelum Login sahabat ganti dulu Pasword yang sudah sahabat catat tadi, dengan Password yang menurut sahabat aman, dan mudah diingat.

7. Untuk cara mengubah Passwordnya pada menu login , Pilih Lupa Password/ membuat Password, kemudian Masukan ID KCP yang sudah sahabat catat, next klik Kirimkan. Jika sukses, akan muncul Pop-up dengan pesan "OTP akan dikirimkan..... bla...bla...bla" Kemudian Minimize aplikasi kioson.


Menu Setting Password



Notifikasi Sukses




8. Tunggu konfirmasi SMS dari Kioson yang berisi No OTP (berjumlah 6 Digit angka) ,catat, dan buka kembali Aplikasi Kioson, Selanjutnya isikan ke Formulir Setting Password  , Isi semuanya dengan Benar, kemudian Klik Kirimkan.


Setting Password


9. Silahkan login kembali dengan memasukan Id dan Password yang telah dibuat tadi.

Tampilan Menu Aplikasi Kioson

10. Sampai disini sahabat sudah berhasil melakukan pendaftaran dan juga telah berhasil login di aplikasi Kioson, Selanjutnya layanan digital sudah siap dimulai. namun, sebelum dapat melakukan transaksi digital, sahabat diharuskan Top-up saldo terlebih dahulu , ini bisa sebagai dompet tabungan sahabat untuk dapat melakukan pembelian dalam transaksi digital.

 
Cara Top Up Saldo Kioson


Sebelum melakukan transaksi apapun menggunakan aplikasi Kioson, maka sahabat harus menambah atau melakukan top up saldo Kioson. Top Up harus dilakukan sebelum dua minggu setelah pendaftaran , karena jika tidak ID Kioson sahabat akan hangus. Nah, yang berikut adalah cara top up saldo Kioson :



1. Top Up Kilat Via ATM 



Kenapa disebut denagn  top up kilat ? ,karena hanya butuh 5 menit saja setelah top up maka saldo Kioson akan langsung bertambah. Minimal top up dengan cara ini adalah Rp. 20.000.  Sahabat dapat melakukan Top-Up ini melalui menu TRANSFER KE BANK LAIN. 

Caranya cukup mudah yaitu :
  • - Sahabat cukup kunjungi ATM terdekat di tempat sahabat
  • - Pilih menu TRANSFER,
  • - Klik TRANSFER KE BANK LAIN.
  • - Pilih tujuan transfer adalah Bank Sinarmas / kode Bank 153.
  • - Lalu masukkan nomor rekening tujuan 8383 lalu diikuti nomor HP yang telah didaftarkan sebelumnya.
  • - Masukan jumlah nominal Top Up.
  • - No referensi bisa dikosongkan/ diisi dengan no hp yang telah didaftarkan ke Kioson sebelumnya.
  • - Cek kembali, bahwa penerima adalah KKI QQ (Nama Toko Sahabat) .
  • - Proses Transfer selesai, simpan struk pembayaran sebagai bukti transfer yang sah.

Khusus Nasabah BANK SINARMAS, pilih  menu TRANSFER KE SESAMA BANK SINARMAS 

Nomor ponsel yang terdaftar, dapat dilihat melalui tombol PANEL KIOSON > INFORMASI



2. Top Up Via Rekening Kioson


Top up saldo ini bisa diakukan denga menggunakan ATM, mobile banking, internet banking dengan melalui menu transfer. Minimal top up dengan cara ini adalah Rp. 10.000.. Rekening Kioson atas nama PT. Kioson Komersial Indonesia adalah sebagai berikut :
  • - Bank BCA : 494 305 6776
  • - Bank Mandiri : 121 000 3622622
  • - Bank BRI : 0329 0100 35 91303 

Tambah Balance


Setelah melakukan transfer, sahabat diharuskan untuk konfirmasi melalui menu Panel Kioson > Pembayaran Online > Tambah balance
, isi seluruh data sesuai Panduan kemudian Klik KIRIM RINCIAN PEMBAYARAN . Estimasi saldo masuk adalah Maks 30 menit.

Jika sahabat ada pertanyaan ataupun untuk bantuan teknis seputar layanan dan informasi aplikasi Kioson, sahabat dapat menghubungi LOKET! dengan kontak sebagai berikut :

LOKET ( Layanan Online Kioson E-Tailer ):
  • XL : 0818 0721 8383
  • Indosat : 0857 7625 8383
  • 3 Tri : 0899 983 8383
  • T-Sel : 0812 9556 8383

Untuk Informasi lebih jelasnya , saya sarankan sahabat untuk menghubungi kontak Kioson di :

  • AXA Tower Lt. 42, Kuningan City
  • Jl. Prof. Dr. Satrio kav. 18 Kuningan, Jakarta Selatan
  • DKI Jakarta – 12940
  • Telepon:
    +62 818 0721 8383 (XL)
    +62 899 983 8383 (Tri 3)
    +62 857 7625 8383 (Indosat)
     
  • E-mail : info@kioson.com

Nah mungkin cukup sekian ulasan dari saya tentang Manfaat dan cara menggunakan Aplikasi Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM , Semoga dengan adanya Kioson ini Ekonomi / taraf hidup masyarakat terutama dari UMKM yang berada di lokasi pedesaan dapat meningkat, dan harapan kedepannya Tidak akan ada lagi istilah Kesenjangan Digital  Di negeri tercinta kita ini :) . With Kioson We Trust !!!


#Semoga Bermanfaat #

Silahkan mendaftar melalui E-mail untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini.

4 Responses to "Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM "

  1. http://www.ilhamcabak.web.id/2016/10/kioson-sebagai-jembatan-kesenjangan.html

    ReplyDelete
  2. kioson ini berguna banget ya mas. bisa memfasilitasi UMKM. Jarang-jarang ada start up yang peduli UMKM begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, semoga kedepannya kioson mampu mengurangi bahkan menghilangkan apa yang sedang menjadi masalah saat ini

      Delete
  3. Kioson keren ya..sangat berguna dan bermanfaat.

    ReplyDelete