Pengunjung Online Saat Ini

Bergabung dengan Grup Facebook Kami Klik Disini

Follow juga akun Instagram kami Klik disini atau @info.lokercikarang

Info Loker Lainnya Klik disini

Yuk Atur Uangmu Di Usia Muda

yuk atur uangmu
Source : http://bonarsianturi.com



Yuk Atur Uangmu – Sahabat Ilhamcabak.web.id , Sudah menjadi rahasia umum jika rentang usia 20-an merupakan waktu yang potensial bagi kita generasi muda untuk mulai meniti karir dan mewujudkan cita-cita. Namun, apakah sahabat tahu ,jika rentang usia 20-an juga merupakan masa di mana banyak orang masih sulit dalam mencapai kestabilan hidup, istilah kerennya masih “labil” , yang paling utamanya adalah dalam hal mengatur kestabilan finansial pribadi. Inilah yang juga pernah saya alami .

Karena apa? pada usia ini emosi kita masih pasang surut, merasa bebas karena sudah lulus dari sekolah ataupun bahkan kuliah, memiliki pekerjaan yang biasanya hasilnya untuk kesenangan sekejap saja, beli ini. Beli itu, sesuai keinginan tanpa memperdulikan kedepannya.

Sahabat ilhamcabak.web.id perlu tahu bahwa kesalahan terbesar anak muda usia 20-an selepas bisa mendapatkan penghasilan sendiri adalah membelanjakan uang melebihi kemampuannya. Gaji pertama sering membuat anak muda kalap, hingga mengeluarkan uang di atas kemampuan finansial yang dimiliki.

Apabila hal ini terus menerus dilakukan, yakinlah kedepannya pasti ini akan menyusahkan diri kita sendiri. Jalan keluar terbaiknya adalah dengan kita mulai dari sekarang untuk berlatih mengatur keuangan pribadi sedetail mungkin.


Mengapa Rencana Keuangan itu Penting?









Sahabat ilhamcabak.web.id ,uang seringkali menjadi sumber masalah yang dapat menimbulkan masalah besar. Tentu saja ini terjadi karena hampir seluruh kegiatan yang kita lakukan dalam hidup ini membutuhkan uang. Oleh sebab itu, uang menjadi hal yang sangat dicari bahkan rela untuk bekerja sekeras mungkin untuk mendapatkannya.

Melihat betapa pentingnya uang dalam hidup kita, menyebabkan kita merasa bahwa kita tidak akan bisa hidup tanpa uang. Tidak punya uang menjadi salah satu ketakutan terbesar dalam hidup kita. Pernah kah sahabat mengalami kehabisan uang meski sudah bekerja sekeras mungkin dan sudah berhasil mendapatkan uang yang cukup banyak? Sekeras apapun sahabat berusaha mengumpulkan uang, sahabat tidak akan bisa lepas dari masalah kekurangan uang jika tidak memahami bahwa sahabat harus mengatur keuangan.

Dengan kemampuan sahabat dalam mengatur keuangan, maka kedepannya akan ada banyak hal positif yang dapat sahabat raih. Keinginan untuk dapat banyak uang akan dapat tercapai melalui hal ini. Jadilah orang yang pandai mengatur keuangan. Semakin pandai sahabat mengaturnya, maka semakin besar juga kemungkinan sahabat untuk memiliki uang yang banyak di masa depan. Perlu diingat, mengatur keuangan bukan hal yang mudah, jadi sangat wajar jika sahabat mengalami kegagalan di awal. Tapi belajarlah dari kegagalan itu dan sahabat akan menjadi orang yang pandai dalam mengatur keuangan.

Mungkin sahabat akan bertanya mengapa perlu memiliki perencanaan keuangan, atau mungkin ada yang berpendapat bahwa merencanakan keuangan hanya membuat keadaan semakin sulit. Oleh karena itu, agar sahabat bisa melakukannya dengan baik, dengan senang hati, sahabat harus mengetahui mengapa hal ini penting untuk dilakukan. Ada beberapa hal dasar yang harus sahabat pahami mengapa rencana keuangan itu penting.


1. Menggambarkan Kondisi Keuangan


Source : http://bisnis.com

Memberi gambaran yang jelas tentang situasi finansial sahabat sehingga gaya hidup yang diterapkan akan sesuai dengan kondisi keuangan. Mengetahui berapa banyak uang yang sudah terpakai dan yang akan terpakai akan sangat membantu dalam mengukur kemampuan sahabat.


2. Membiasakan untuk Hidup Teratur


Source : http://mandukaindonesia.com

Kebiasaan buruk yang paling umum dilakukan orang adalah tidak teratur dalam mengeluarkan uang. Tentu sahabat pasti tahu bahwa mengumpulkan uang jauh lebih sulit daripada menghabiskannya. Untuk mendapatkan uang, sahabat harus bekerja dan berusaha terlebih dahulu, sedangkan, uang bisa habis seketika tanpa perlu ada usaha atau bahkan pikiran untuk menghabiskannya. Hal ini terjadi karena sahabat tidak terbiasa untuk teratur dalam mengatur keuangan. Dengan mengatur keuangan, sahabat dapat mengatur kemana saja arah pengeluaran keuangan, sehingga seluruh pengeluaran sahabat lebih terencana dan lebih jelas.


3. Membiasakan Untuk Hidup Hemat



Source : http://top10indo.com

Hidup hemat tidaklah mudah untuk dilakukan. Keinginan untuk berhemat akan terwujud jika pandai mengatur keuangan. Pengertian dari hemat disini bukanlah tidak mengeluarkan uang sama sekali, tetapi menggunakan uang untuk hal-hal yang dibutuhkan. Membedakan kebutuhan dan keinginan adalah hal yang penting, agar sahabat bisa menentukan mana yang harus dilakukan sekarang dan yang mana yang bisa di tunda. Dengan pandai mengatur uang, sahabat akan terbiasa untuk hidup hemat dan efisien.


4. Membuat Sahabat Selalu Tenang 
 

Source : http://ikhtisar.com

Seringkali, ketika sahabat tidak punya uang, segala sesuatu menjadi semakin berat untuk dijalani. Memiliki uang yang cukup membuat hidup kita tenang. Mengapa punya uang bikin hidup tenang? Karena terkadang ada sumber pengeluaran yang tidak terduga kehadirannya dan itu membutuhkan uang. Oleh karena itu, dengan sahabat dapat mengatur keuangan, sahabat dapat merencanakan uang untuk pengeluaran yang tidak terduga ini sehingga sahabat bisa tetap tenang kapanpun. Masalah terberat sekalipun akan terasa lebih ringan jika sudah memiliki persiapan yang matang untuk menghadapinya.
 
5. Mengeluarkan Uang Menjadi Lebih Leluasa


Source : http://santrigaul.net

Tanpa adanya pengaturan keuangan yang baik, terkadang banyak orang jadi takut dalam mengeluarkan uang. Padahal uang itu digunakan untuk kebutuhan yang memang seharusnya. Hal ini membuat sahabat menjalani hidup di bawah rasa ketakutan akan kehabisan uang nantinya. Jika sahabat mengatur keuangan, sudah ada pembagian pengeluaran yang jelas. Jadi, sahabat dapat lebih leluasa dalam mengeluarkan uang untuk kebutuhanmu itu.


6. Melatih Sahabat untuk Menabung


Source : http"//hipwee.com

Apa sahabat mau punya uang hanya di awal bulan saja? Tentu tidak bukan? Setiap orang pasti ingin memiliki uang yang bisa ada kapan saja. Menabung adalah jawabannya. Tapi menabung itu tidak seperti membalikkan telapak tangan. perlu berusaha untuk bisa memiliki tabungan. Cara agar bisa menabung adalah dengan mengatur keuangan. Dengan adanya catatan pengeluaran yang jelas setiap bulannya, sahabat bisa menyisihkan beberapa uang untuk ditabung.


7. Memungkinkan Sahabat untuk Berinvestasi


Source : http://belajarinvestasi.my.id

Sebelum melakukan investasi, sahabat harus memiliki uang yang akan diinvestasikan. Tanpa uang modal investasi, apa yang bisa sahabat investasikan? Tidak ada. Uang modal ini bisa didapat dari hasil tabunganmu selama ini yang sahabat kumpulkan karena mengatur keuangan dengan baik.

8. Memberi Motivasi 

Source : http://elearningindustry.com

Memiliki rencana keuangan akan membuat sahabat termotivasi dalam mengumpulkan uang. Rencana keuangan membantu sahabat dalam memperhitungkan berapa besar uang dan waktu yang dibutuhkan untuk bisa mencapai tujuan finansial yang ingin dicapai. 
 

Sahabat ilhamcabak.web.id , sungguh begitu besar bukan, pengaruh Pentingnya mengatur keuangan dalam hidup kita, nah selanjutnya akan saya ulaskan beberapa tips untuk mengatur keuangan sahabat , sehingga kedepannya sahabat dapat mencapai tujuan rencana finansial yang di inginkan .


Tips Mengatur Keuangan di Usia Muda


1. Ketahui dengan benar alur pemasukan dan pengeluaran


Sahabat mungkin sudah sangat sering mendengar imbauan ini, namun apakah sahabat telah benar-benar memperhatikan dan menerapkannya dalam pola keuangan sahabat? Mungkin banyak yang menjawab belum, dan sebenarnya hal itu umum ditemui pada angkatan kerja di rentang usia 20-an. 

Sumber masalah utama dari hal ini adalah masih terus berjalannya proses peralihan seseorang menuju kedewasaan. Banyak angkatan kerja di rentang usia ini kerap kali lupa diri akan penghasilan yang didapatnya, dan tak jarang menghabiskannya pada hal-hal yang bersifat impulsif. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mulai menerapkan kedisiplinan dalam mengelola keuangan pribadi. Pahami dengan seksama perbandingan penghasilan dan kebutuhan hidup.
 
Utamakan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang bersifat primer terlebih dahulu, baru kemudian hal-hal yang bersifat sekunder hingga tersier. Jangan pula mudah terpengaruh dengan beragam penawaran komersial di luar sana sebelum sahabat benar-benar menyeleksinya dengan cermat.
 
Sahabat dapat memanfaatkan beragam panduan dan alat bantu kelola keuangan, baik secara manual maupun terkomputasi, untuk mendukung pengelolaan keuangan yang lebih baik.

 
2. Mulai menabung

Jangan pernah terlalu lama terlena dengan buaian ungkapan 'nikmati masa muda'. Jika terlena dengan hal tersebut dan mengabaikan tata kelola keuangan demi memenuhi hasrat jiwa muda, maka bukan tidak mungkin sahabat akan sering merasa tidak cukup dengan penghasilan yang diperoleh.
Untuk menghindari hal buruk tersebut, maka sebaiknya segera tabungkan sebagian penghasilan, minimal 15 persen dari total pendapatan ke dalam rekening tabungan.
 
Lebih disarankan lagi untuk segera menabungnya sesaat ketika telah mendapat penghasilan rutin tiap bulannya. Jika ditanya apa manfaat dari menabung? Sahabat akan menemukan jawaban baiknya di kemudian hari.

 
3. Membangun dana darurat

Jangan samakan tabungan dengan dana daurat, melainkan pisah kedua dana tersebut. Umumnya disarankan untuk menyisihkan 10 persen dari penghasilan rutin untuk dana darurat.
 
Adapun fungsinya adalah untuk dana talangan awal ketika memang tengah dibutuhkan. Manfaat lainnya adalah dengan adanya dana darurat, maka tabungan pun akan aman, sehingga sahabat dapat terus fokus mewujudkan impian masa depan tanpa harus terpotong dananya ketika sewaktu-waktu membutuhkan dana darurat.


4. Memiliki asuransi

Memiliki asuransi.sama juga memiliki tabungan. Pembedanya adalah, kita tak bisa mengambil tabungan kita sewaktu waktu. Jadi disiplin untuk tak mngutak atik tabungan wajib bisa dihindarkan. Karena asuransi memiliki masa tertentu untuk dicairkan dananya. Kita bisa kok, memilih berapa lama masa pertanggungannya. Dan yang menguntungkan adalah, apabila pemilik asuransi meninggal, maka nasabah akan mendapatkan jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak.

Membayar premi asuransi menambah beban keuangan?  Ya, banyak orang berpendapat demikian. 


Tapi, pertanyaannya, apa memang benar begitu?  Seandainya kita dianugerahi kemampuan bisa melihat apa yang akan terjadi di kehidupan pada masa depan, pendapat di atas seratus persen benar. Sebab, kita bisa menghindarkan sesuatu yang buruk yang dapat menimpa. Terutama dua hal yang paling bernilai: nyawa dan kesehatan kita.  Sayangnya, tak ada seorang pun yang dapat memprediksi musibah. Dan yang lebih mengesalkan, musibah sudah pasti akan mempengaruhi rencana keuangan kita, bahkan bisa memporak-porandakannya!
Itulah alasan kuat bagi kita untuk memiliki asuransi. Pada hakikatnya, kerugian yang diakibatkan oleh musibah tak perlu kita tanggung sendirian.


Seberapa Pentingkah Asuransi ?

Sahabat ilhamcabak.web.id , kita sebagai manusia tak mungkin dapat mengetahui kehidupan yang akan terjadi di masa depan. Detik ini kita mampu melakukan banyak hal, tapi tak ada yang tau apa yang akan terjadi keesokan harinya. Contoh kasus sederhananya ketika sesorang tiba- tiba mengalami kecelakaan dengan resiko cacat fisik, hal ini dapat merubah kehidupan sesorang hingga 180 derajat. Mulai dari resiko pemberhentian kerja, mahalnya biaya rumah sakit dan bahkan untuk mencukupi kehidupan sehari-hari pun sangat sulit. Kasus seperti ini sering kita jumpai terutama oleh masyarakat menengah. 

Pentingnya memahami asuransi adalah salah satu cara untuk meminimalisir resiko-resiko yang mungkin terjadi di masa depan.  Dan berikut ini saya ulaskan beberapa alasan mengapa kita harus memiliki asuransi:

-  Melindungi peristiwa yang sudah pasti terjadi (kematian)

  • Yang sudah pasti akan datang adalah kematian. Ya Mati. Ia pasti akan datang, hanya kita tidak tahu kapan dia datang. Makanya kita perlu asuransi. Karena ketika kita meninggalkan dunia ini tidakkah kita ingin tetap membahagiakan keluarga kita yang kita sayangi yang ditinggalkan? Asuransi bukanlah ‘penolak kematian’ tapi asuransi juga sama sekali bukan ‘penyebab' kematian. Pilih mana, ketika takdir memanggil, kita lebih dahulu mendahului keluarga, apakah mereka akan menderita dan merana? atau kita ingin mereka yang kita tinggalkan ada pelipur lara dan bahagia walau tanpa kita? Jawabannya ada pada diri masing-masing. Silakan jawab sendiri-sendiri. 

- Melindungi terhadap peristiwa yang tidak pasti  / tidak direncanakan

  • Ketika resiko lain menghampiri sebelum datangnya kematian datang dan kita tidak mampu berbuat apa-apa lagi untuk membahagiaan orang yang ditinggalkan. Pertanyaannya adalah, Tidakkah kita ingin meninggalkan mereka bahagia walaupun kita sudah tidak berada di dunia dan tidak berdaya di alam sana?

- Aman dan Tentram bersama Asuransi

  • Asuransi menumbuhkan rasa aman dan tentram. Karena resiko, resiko yang mungkin melanda sudah diantisipasi sebaik mungkin. Walaupun tak sepenuhnya seperti yang kita inginkan, namun semua sudah sesuai dan tertera di kontrak perjanjian yang kita tanda tangani.

- Sebagai instrument Investasi, dan lebih disiplin Menabung

  • Ketika menginginkan dana hasil usaha kita berkembang dengan investasi. Dimana terlalu banyak platform (bentuk) investasi penipuan alias investasi bodong. Dan menabung di bank sudah pasti tergerus inflasi, dan dengan mudahnya dan seringnya kita menarik uang dari ATM. Sedikit demi sikit, tahu-tahu sudah sakit tak ada duit, karena sudah habis.
  • Berinvestasi di asuransi yang ada unitlink (kaitan dengan investasi) nya, menjadi pilihan yang cukup bijak. Sewaktu simpanan di bank-bank jarang sekali bertumbuh, mengisinya tidak pula disiplin. Selalu tergoda untuk mengurasnya. Maka dengan asuransi plus investasi, kita menjadi (terpaksa atau dipaksa) untuk disiplin. Hasilnya nanti terserah kita, mau digunakan untuk apa? Bisa untuk modal usaha, dibelikan rumah idaman, mobil impian, dan juga perjalanan ke tempat yang diinginkan, atau warisan keluarga tercinta.


- Memberikan ketenangan dan kedamaian

  • Dengan memiliki asuransi maka kita akan tenang.  bukankah ketenangan ini penting?  Dalam menjalanii hidup hari demi hari, aktivitas apapun yang kita lakukan akan lebih mudah semangat penuh optimis, jika jiwa kita tenang. maka kesuksesan akan lebih mudah juga diraih. Keresahan dan kegelisahan jiwa akan membawa dampak buruk bagi kesehatan kita.


Sahabat ilhamcabak.web.id , di waktu sekarang ini begitu banyak asuransi jiwa yang ditawarkan, maka lebih cermatlah dalam memilih produk asuransi. Pilihlah asuransi yang benar- benar cocok dengan kebutuhan sahabat. Untuk dari saya sendiri,  saya rekomendasikan sahabat bergabung saja dengan Sinarmas MSIGlife.

Sinarmas MSIG Life adalah anak perusahaan PT Sinar Mas Multiartha Tbk , satu dari enam pilar bisnis Sinar Mas yang menyediakan layanan finansial yang terpadu dan menyeluruh, meliputi perbankan, asuransi, pembiayaan, pasar modal, manajemen aset, jasa administrasi saham, keamanan, perdagangan serta industri dan teknologi informasi. 

PT Sinar Mas Multiartha Tbk juga merupakan perusahaan induk bagi Bank Sinarmas, Asuransi Sinar Mas, Sinarmas Sekuritas and Sinar Mas Multifinance. Perkembangan Sinarmas MSIG Life didukung oleh kondisi keuangan yang sangat baik, inovasi produk dan layanan nasabah serta kepemilikan jaringan bisnis yang luas. 

Hingga 30 Juni 2014, Sinarmas MSIG Life melayani lebih dari 790.000 nasabah individu dan kelompok di 69 kota. Tersebar di 113 kantor pemasaran dan 10.500 aparat marketing. 

Akhir tahun 2015, Sinarmas MSIG Life tercatat sebagai 10 besar perusahaan dengan aset terbesar di industri asuransi jiwa, yaitu senilai Rp 15,65 triliun. Total pendapatan premi tercatat senilai Rp 6,59 triliun dengan Angka Risk Based Capital (RBC) yang tetap tinggi, yaitu 466,46% untuk konvensional dan 53,87% untuk syariah. Untuk memperkuat 108 kantor pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia dalam melayani lebih dari 1,2 juta nasabah individu dan kelompok, Sinarmas MSIG Life hadir di kantor manajemen baru di Sinarmas MSIG Tower di area perkantoran Jl. Jendral Sudirman Jakarta.  Sinarmas MSIG Life siap menyediakan layanan terbaik untuk kebutuhan finansial sahabat. untuk info lebih lengkap sahabat dapat mengunjungi alamat website www.sinarmasmsiglife.co.id


5. Mulai Dari Sekarang!

Jadi, mulailah perencanaan keuangan sejak dini, saat ini, dan secara konsisten setiap bulan. sahabat akan merasakan perubahan besar dalam hidup . Jika sahabat baru mulai bekerja, maka mulailah mengelola penghasilan dengan membuat perencanaan keuangan. Jika sahabat sudah bekerja dan memiliki penghasilan namun belum melakukan perencanaan keuangan, tak ada kata terlambat untuk melakukannya.

6. Konsisten

Selanjutnya yang paling penting adalah konsisten. Sahabat harus melakukan semua tips  diatas dengan konsisten. Jika  konsisten maka tips- tips diatas akan mengantarkan sahabat menjadi seorang dengan perencanaan keuangan yang baik, yang tentunya nanti akan sangat berpengaruh besar dalam perencanaan kehidupan yang lebih baik lagi :) .



Sahabat ilhamcabak.web.id ,sebenarnya mengelola keuangan demi masa depan bukanlah sesuatu hal yang sangat rumit dan sulit untuk dilakukan. Hal tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan apa yang disebut dengan aktivitas perencanaan keuangan. Jika seseorang menjadi pintar dan cerdas, tentu akan bijak mengelola keuangannya, sehingga masa depan akan lebih dapat dipersiapkan dan sejahtera.


Terimakasih




Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Writing Competition SinarMas MSIG Life

www.sinarmasmsiglife.co.id

Silahkan mendaftar melalui E-mail untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini.

1 Response to "Yuk Atur Uangmu Di Usia Muda"

  1. http://www.ilhamcabak.web.id/2016/11/yuk-atur-uangmu-di-usia-muda.html

    ReplyDelete